Ekspose Sekolah Model SPMI dan Penandatanganan Komitmen Percepatan Pemenuhan 8 SNP di Kalimantan Tengah

Belum lama ini Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Tengah sukses menggelar Ekspose Sekolah Model Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Ekspose sekolah model diikuti oleh 62 sekolah terpilih dari seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah. Kegiatan dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud RI Didik Suhardi didampingi Kepala LPMP Kalimantan Tengah Sukaryanti dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Slamet Winarto.

Menurut Didik, sumber daya manusia di Kalimantan Tengah harus disiapkan. Hal ini terkait dengan wacana pemindahan ibukota negara, di mana Kalimantan Tengah menjadi kandidat kuat sebagai lokasi baru ibukota negara. Salah satu cara memperbaiki kualitas SDM adalah melalui pendidikan dan kesehatan. “Kita ingin masyarakat Kalteng betul-betul siap menjadi tuan rumah dan raja di negerinya sendiri,” katanya.

Sementara itu Kepala LPMP Kalteng Sukaryanti mengatakan, sebenarnya ada 282 sekolah binaan LPMP yang melaksanakan sistem penjaminan mutu internal. Kemudian melalui ekspose tingkat kabupaten terpilih empat besar yang layak untuk ikut serta ekspose sekolah model tingkat provinsi ini berjumlah 62 sekolah. “Ini adalah tahun kedua ekspose sekolah model SPMI. Kami terus mendorong sekolah lainnya agar menerapkan delapan standar nasional pendidikan. Pendampingan terus dilakukan melalui fasilitator daerah yang telah dilatih fasilitator nasional,” katanya.

Ia pun berharap melalui ekspose sekolah model ini dapat memberikan dampak positif di sektor pendidikan. Sekolah model mampu menjadi teladan ke sekolah lain menuju sekolah yang berkualitas dengan menerapkan delapan standar nasional pendidikan. “Peran pemerintah daerah tak kalah penting untuk mendukung terwujudnya sekolah berkualitas,” urainya.

Ditambahkannya, oleh karenanya LPMP tidak dapat berbuat banyak tanpa dukungan dari semua pemangku kepentingan di daerah khususnya dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Provinsi Kalimantan Tengah.

Salah satu tujuan terpenting dalam ekspose sekolah model SPMI ini adalah deklarasi dan penandatangan komitmen bersama antara LPMP dan seluruh Kepala Diknas kab kota dalam percepatan pemenuhan 8 SNP (standar Nasional Pendidikan) yang ada di Kalimantan Tengah, pungkasnya.